Selasa, 29 Desember 2009

jaringan komputer

JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer,printer dan peralatan lainnya yang terhubung.Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan Hardware/Software yang terhubung dengan jarinngan.Fungsi dari jaringan komputer adalah saling terhubung sehingga bisa berbagi.
Ciri-ciri dari jaringan komputer yaitu:
- Perangkat keras/hardware ( digunakan secara bersama-sama)
-Perangkat lunak/software.
-Saluran komunikasi.

Jenis-jenis jaringan
LAN (Local Area Network)/jaringan area lokal yaitu jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil.umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran disebuah gedungdan biasanya tidak jauh dari 1km persegi.
MAN(Metropolitan Area Network)/jaringan area metropolitan yaitu area yang dijangkau lebih luas dari LAN jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar.
WAN(Wide Area Network)yaitu jaringan yang lingkupnya yang biasanya sudah menggunakan sarana satelit maupun kabel bawah laut.
Internet bersifat menyeluruh yang bisa menggabungkan dan menghubungkan seluruh jaringan didunia.
LAN,MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal,hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.



TOPOLOGI mempunyai 5 bagian yaitu Star,Mesh,Tree,Ring dan Bus.
Perangkat LAN
- Modem (Modulator Demulator) digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke internet,modem di kondisikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.
-Router yaitu perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain,menggunakan metode addresing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut.
-Bridge yaitu perangkat untuk memisahkan jaringan yang luas menjadi sub jaringan yang lebih kecil,digunakan juga untuk menghubungkan 2 jenis jaringan yang berbeda.
-Repeater yaitu perangkat untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel LAN yang lain.
-Server yaitu komputer yang dijadikan sebagai sentral untuk pengolahan data dan komunikasi lainnya.
-Switch/hubungan yaitu perangkat yang difungsikan mengatur komunikasi data untuk mengkoneksikan kabel UTP yang biasanya menggunakan topologi Star,berfungsi sebagai terminal dari beberapa komputer.
-Netword intercafe card yaitu suatu perangkat yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar